PDF Belajar SEO Gratis untuk Blogger dan Youtuber Pemula

Artikel Belajar SEO Gratis Untuk Pemula ini, aku tulis sebagai salah satu panduan kamu dalam melakukan cara optimasi SEO secara lengkap. Sebagai blogger atau youtuber pemula.

Kamu bisa menerapkan cara ini untuk melakukan optimasi SEO untuk Blogspot, Instagram, Youtube, Facebook dan WordPress, agar mendapatkan hasil yang maksimal.Tersedia juga versi pdf nya.

Materi 1 Belajar SEO Gratis Untuk Pemula (Penghantar)

Kamu sudah memutuskan untuk memulai bisnis online dengan cara membuat website.Atau kamu sudah memutuskan untuk meraih penghasilan sebagai advertiser ,baik itu adsense atau progresive iklan.

Tugas kamu selanjutnya adalah bagaimana agar website kamu mempunyai pengunjung yang terus bertambah setiap harinya dengan biaya yang lebih murah.

Pertanyaan ini telah menyulitkan banyak sekali para pemilik website selama bertahun-tahun, bahkan sampai sekarang.Mereka tidak punya modal yang cukup untuk mendatangkan pengunjung melalui kegiatan iklan secara konsisten.

Padahal ada cara lain yang bisa ditempuh yaitu dengan menggunakan SEO.Sayangnya banyak yang belum percaya bahwa SEO mampu mendatangkan pengunjung ke website secara otomatis dan gratis.

Dan Untuk Belajar SEO itu butuh investasi yang cukup mahal.Namun jangan khawatir, Kamu bisa Belajar SEO Gratis disini, bersama Pakar SEO Pakde Marwan.

Apa Itu SEO

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimation, Bahasa sederhananya SEO adalah aktivitas mengoptimasi halaman website agar terindeks dan teranking di halaman 1 Google atau pada Mesin pencarian lainnya untuk kata kunci yang di target.

Tujuannya agar lebih memiliki potensi lebih besar untuk dikunjungi.Kita bisa analogikan pada buku atau majalah, Dimana halaman yang didepan akan berpeluang menjadi halaman pertama yang dibaca dibandingkan dengan halaman sesudahnya.

Begitu pula Ketika dalam pencarian google.Misalnya kamu mengetikkan pakar SEO, maka akan muncul 10 artikel website rekomendasi di halaman pertama.Kira-kira kamu bakal membaca yang berada di halaman pertama atau halaman sesudahnya?

Aku yakin kamu akan lebih banyak membaca halaman yang didepan daripada halaman yang dibelakang.Itu sebabnya iklan pada media masa seperti koran , majalah, dan tabloid untuk bagian depan, harganya lebih mahal daripada yang berada di halaman dibelakangnya.

Manfaat Belajar SEO

Kita telah mengetahui Bersama bahwa dengan SEO atau dengan artikel website kita berada di halaman 1 google, maka artikel kita tersebut akan berpotensi mendapatkan kunjungan dengan jumlah Sebagian dari volume dari kata kunci artikel tersebut.

Aku coba jelasin lebih sederhana.Pada tulisan sebelumnya aku menganalogikan kata kunci atau keyword itu seperti nama jalan.Dimana setiap jalannya mempunyai volume traffic atau lalu lintas masing-masing.Ada jalan yang ramai sekali.

Ada juga jalan yang sepi bahkan gak ada yang lewat.Kebayang ya.Artikel kita bisa kita analogikan seperti toko, rumah atau bangunan yang berada di jalan itu.

Kita coba sederhanakan lagi contohnya.Ada sebuah jalan bernama jalan pakar SEO dengan jumlah lalu lintas yang melewati perbulannya disana adalah 2400 orang.

Lalu ada jalan lain bernama Pakar SEO Terbaik, dengan jumlah lalu lintas yang melewati perbulan disana adalah 90 orang.Diantara 2 lokasi tersebut mana lokasi yang kamu pilih.

Sebagai seorang pebisnis, pasti kita akan memilih jalan yang paling ramai.Dengan asumsi jalan yang ramai akan menyumbangkan jumlah pengunjung ke toko kita dari Sebagian lalu lintas yang ada.

Misal Jalan Pakar SEO tadi yang berjumlah 2400.Kita bisa mendapatkan 10 sampai 20 persen dari jumlah lalu lintas disitu, berarti sekitar 240 sampai 480 kunjungan perbulannya.

Hal ini lebih baik dari pada toko kita jika berada di Jalan Pakar SEO Terbaik.Dengan jumlah lalu lintas 90, kita hanya mendapatkan kunjungan 9 sampai 18 saja perbulannya.

Namun kabar baiknya di SEO, artikel kita bisa saja terindeks dan teranking di lebih dari satu kata kunci.

Misalnya saja artikel kita berada di halaman 1 mesin pencarian atau Google,  untuk kata kunci Pakar SEO dan Pakar SEO Terbaik.Ini sama saja toko kita ada buka di 2 jalan, yaitu jalan Pakar SEO dan jalan Pakar SEO Terbaik.

Semakin banyak toko kita buka dijalan yang mempunyai volume lalu lintas.Maka makin banyak jumlah pengunjung ke toko kita secara keseleuruhan.

Itulah Manfaat dasar dari SEO, yaitu mendapatkan kunjungan yang konsisten dan semakin banyak setiap harinya.Tentu saja efek manfaat ini sangat tergantung dari goals atau tujuan yang punya artikel.

jika dia jualan ya harapannya jualannya makin laris.Jika dia advertiser maka dia bisa mendapatkan penghasilan lebih dari adsense atau jasa pemasangan progresive iklan di artikel websitenya.

Materi Belajar SEO

Sebenarnya kalau ditanya apa sih yang kita pelajari dalam Belajar SEO? atau materi Belajar SEO itu apa saja? jawabannya sederhana.Materi SEO terdiri dari: Riset Keyword, SEO onpage dan SEO offpage.Mau kemanapun kamu tanya ke para pakar SEO pasti jawabannya sama.

Perubahan algoritma mesin pencarian seperti Google itulah yang membuat materi Belajar SEO menjadi terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu.Perubahan ini salah satunya juga disebabkan strategi dari para Praktisi SEO dalam melakukan optimasi SEO nya.

Khususnya dengan menggunakan metoda Blackhat SEO.Kamu jangan kaget dengan istilah ini.Ini bukan blackhat seperti black magic dengan menggunakan dukun santet atau dukun pelet.Black hat ini hanya istilah saja untuk teknik mengoptimasi SEO dengan cara terlarang.Kita bahas nanti ya.

Apa Itu Riset Keyword ?

Riset keyword atau riset kata kunci adalah kegiatan riset kata kunci yang mempunyai volume pencarian.Kalau dalam bisnis offline itu mirip dengan kegiatan riset jalan yang ramai yang cocok untuk buka toko disana.

Bayangin aja, ketika kita mau buka toko.Pasti kita berfikir baiknya bukanya di lokasi mana ya? atau lebih detilnya dijalan yang mana ya?kemudian kita melakukan survey atau membayar sebuah lembaga survey untuk melakukan survey terhadap jalan yang kita asumsikan punya lalu lintas yang ramai.

Kamu pernah tahu? bahwa biaya untuk membayar lembaga survey itu cukup mahal lho. Kalau kita hitung harian saja, biasanya ada 2 orang bekerja dan biasanya sekitar 1 bulan atau 30 hari masa surveynya agar hasilnya semakin valid.Jika 1 orang saja perharinya dibayar 100 ribu, maka untuk 2 orang menghabiskan biaya 200 ribu perharinya.Jika 30 hari menjadi 6 juta Rupiah.

Disinilah salah satu istimewanya di dunia online.Dimana ada penyedia data lalu lintas jalan yang gratis alias gak perlu kita bayar.Salah satunya google.Google menyediakan datanya dalam tools google keyword planner.Dulu ini dibuat terpisah dengan Google Ads.

Namun sekarang Google sudah menyatukannya dalam Google Ads, dan menjadikannya salah satu tools yang bisa kita pakai ketika kita sudah mempunyai akun Google Ads.Kamu gak perlu khawatir tentang biayanya.Karena ini semua gratis.Kamu bisa buat akun Google Ads gratis dan mendapatkan data lalu lintas atau volume dari kata kunci yang ada.Asik kan ?

Selain volume lalu lintas yang ramai, kita juga meriset tingkat persaingan di jalan tersebut.Ada berapa competitor disana ? dan seberapa besar dan berpengaruh competitor disana.Dan Google mengkategorikannya dalam bentuk nilai atau skor.

Untuk skor dengan nilai dibawah 20 itu berarti kompetisinya rendah, Untuk skor dengan nilai dibawah 60 berati kompetisinya menengah dan untuk skor dengan nilai diatas 60 itu berarti kompetisinya berat kayak Dilan ^^.

Apa itu SEO onpage ?

SEO onpage adalah aktivitas optimasi  SEO yang dilakukan didalam website itu sendiri.Kita analogikan Kembali bahwa website kita adalah sebuah toko.

Atau biar lebih kebayang sama-sama website kita itu kita analogikan sebagai supermarket , biar makin gampang bayangin Indomaret atau Alfamart gitu ya.

Kita bisa lihat ramainya Indomaret atau Alfamart itu salah satu penyebabnya adalah keindahannya.Keindahan yang tercipta karena keteraturan dan kejelasannya.Ketika kita masuk kedalam sudah jelas arah penanda kategori barang-barang yang tersedia disana.

Kita gak bakalan pusing, jika ingin membeli makanan , tinggal lihat signage makanan.Kita akan diarahkan ke rak tempat display makanan.Begitu juga Ketika kita ingin membeli minuman atau barang-barang lainnya di supermarket.

Ketika kita masuk, pintunya gampang dibuka, pintunya juga lebar.Biasanya pintu double.Jadi kalau ada yang masuk dan keluar bersamaan tidak mengganggu sirkulasi pengunjung disana.

Begitu juga dengan SEO onpage.Kita harus bisa mengatur dengan baik seperti Indomaret atau Alfamart.Mudahnya akses masuk itu seperti kecepatan pengunjung untuk masuk ke artikel kita.Rendahnya nilai atau skor SEO onpage bisa karena loading website kita yang lama.

Gimana pengunjung mau masuk, loading terus.Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi dan batal berkunjung ke website kita.

Hal ini menjadi salah satu penilaian mesin pencarian dalam meranking artikel yang sudah terindeks.Oleh sebab itu pastikan kecepatan website kamu cukup mumpuni.Standarnya sih kecepatan website kamu jangan lebih dari 3 detik.

Itu sebabnya ada diksi yang mengatakan 3 detik pertama itu menentukan jumlah pengunjung ke website kita.

Kita lanjut ya, setelah kita masuk kedalam lalu kita mencari barang-barang dengan mudah dengan adanya signage.Nah , signage itu ibarat Judul dari artikel kita.Mesin pencarian lebih suka dengan judul yang jujur dan bukan spammy.Kalau signage makanan ya diarahkan ke rak makanan bukan ke minuman.

Dan Ketika mengunjungi rak makanan akan muncul signage berupa nama brand makanannya berikut harganya.Satu rak dibagi dalam beberapa kategori brand makanan yang jelas dan gak buat pusing.Ini seperti halnya kita mengatur struktur artikel kita.

Pengaturan struktur yang rapi, kemudahan dalam membaca menjadi faktor penentu skor atau nilai SEO onpage kita bernilai baik .

Sehingga berpotensi mendapatkan ranking yang lebih baik.Struktur yang rapi dalam teknis penulisannya itu adalah pengaturan struktur H1, H2 sampai H6 dan paragraph.

Sama seperti kita membaca sebuah buku.Ada judul, ada sub judul dan penjelasan.Struktur seperti ini akan memudahkan tujuan penulis menyampaikan pesan ke pembacanya.Benar kan ?

Apa itu SEO offpage ?

SEO offpage adalah aktivitas optimasi SEO yang dilakukan dari luar website.Kita analogikan Kembali si Indomaret tadi itu adalah toko kita.Di satu jalan ada 2 Indomaret yang berdekatan.

Toko yang satu sering banget direkomendasikan oleh orang-orang sekitar.Toko yang satu lagi tidak mendapat atau mendapat lebih sedikit rekomendasi dari orang-orang sekitar.

Kira-kira pengunjung toko yang pertama atau kedua yang lebih ramai?.Seperti itulah cara kerja SEO offpage.

Makin banyak artikel kita dibicarakan oleh orang lain dalam berupa mengirimkan link.Maka artikel kita semakin terpercaya dan mendapatkan ranking yang lebih tinggi.

Belum lagi, jika toko pertama yang merekomendasikan adalah tokoh publik seperti walikota, gubernur, artis atau tokoh masyarakat.Kita analogikan begini.Toko pertama direkomendasikan oleh gubernur dan tokoh masyarakat sekitar.

Kita sebut saja 1 gubernur dan 10 tokoh public figure.Totalnya ada 11 rekomendasi ya?.Toko kedua mendapatkan 100 rekomendasi dari penduduk sekitar.Kira-kira toko yang lebih dipercaya yang pertama atau yang kedua?

Seperti itulah SEO offpage bekerja.Apa yang dikatakan oleh website lain tentang website kita.Kita bisa membayangkan 2 toko tadi sudah melakukan SEO offpage yang sama.Lalu apa faktor penentu ranking yang lebih tinggi?.Jawabannya ya SEO offpage.

Sampai disini bisa dipahami ya?Lalu bagaimana agar mendapatkan rekomendasi seperti itu? Sebenarnya sama seperti di dunia offline.Yang pertama tentunya kualitas artikel atau konten kita memang bagus, sehingga orang-orang merekomendasikan dengan sendirinya tanpa kita minta.

Yang kedua, ya seperti di dunia offline.Kita bayar tokoh publik untuk merekomendasikan toko kita.Kalau di SEO offpage ya seperti Beli BackLink.Kemudian bisa juga saling promosi dengan saling memberi backlink.

Materi 2 Belajar SEO Gratis Untuk Pemula (Cara Melakukan Optimasi SEO)

Ada 3 cara yang kita lakukan dalam melakukan optimasi SEO, yaitu :

  1. Riset Keyword
  2. Optimasi SEO onpage
  3. Optimasi SEO offpage

Cara Melakukan Riset Keyword

Ini adalah langkah awal kita dalam melakukan optimasi SEO, yaitu merencanakan target volume kunjungan ke website kita.Selanjutnya kita akan melakukan riset kata kunci.

Dari kata kunci yang kita temukan, selanjutnya kita akan mengukur Tingkat kesulitannya lalu memilih kata kunci yang sesuai dengan kemampuan kita.

Jika kita menggunakan domain yang fresh atau baru, maka kita memilih kata kunci yang mudah persaingannya.Dengan skor kompetisi dibawah 20.

Setelah 3 bulan, kita sudah bisa memilih kata kunci dengan skor kompetisi dibawah 40 atau 60.Setelah 6 bulan kita sudah bisa memilih kata kunci dengan skor kompetisi diatas 60.

Sedangkan untuk domain yang sudah berusia lebih dari 2 tahun dengan DA diatas 20 atau 30, kita sudah bisa langsung memilih kata kunci dengan tingkat kompetisi dibawah 60.

Kamu gak perlu di pusingkan dengan skor kompetisi ini.Hal terpenting disini kamu mulai saja dan konsisten melakukannya.Fokuslah membuat artikel yang berkualitas, sehingga orang suka berlama-lama di artikel atau web kamu dengan ikhlas membagikan artikel kamu di sosial media, bahkan suka bolak balik ke artikel atau web kamu.

Kamu bisa bayangkan mereka ini pengunjung ke toko kamu.Ketika mereka masuk mereka merasa nyaman dan mendapatkan banyak manfaat didalamnya serta mendapatkan sesuatu yang ngangenin yang membuat dia mau kembali lagi seperti kamu , eh.

Cara Melakukan SEO onpage

Pada kegiatan SEO onpage kita melakukan 5 kegiatan optimasi yaitu : Optimasi speed loading page, Optimasi artikel, optimasi gambar, optimasi internal-external link dan mengukur seta mengevaluasi ranking hasil dari SEO onpage.

Optimasi Speed Loading Page

Ini kegiatan paling penting sebelum kamu menuliskan artikel.Pastikan kecepatan memuat halaman pada website kamu tidak lebih dari 5 detik , lebih bagus lagi kurang dari 3 detik.Artikel sebagus apapun gak ada gunanya jika pengunjung tidak bisa masuk ke halaman artikel yang kamu buat, atau terlalu lama loadingnya.

Oleh sebab itu kecepatan 3-5 detik itu syarat wajib yang pertama ketika kamu melakukan optimasi SEO onpage.

Masih ingat ya , analogi pintu di Indomaret.Pintunya pintu double dan mudah dibuka.Kebayang kalau pintunya kecil, cuman satu dan susah dibuka.Mau sebagus apapun bagian dalamnya kalau akses masuknya dipersulit , maka pengunjung akan malas masuk.

Kamu bisa menggunakan GT Metrix atau Google Speed Insight untuk mengetahui seberapa cepat artikel pada website kamu muncul ketika user datang mengunjungi.

Optimasi artikel

Ketika kita sudah menentukan kata kunci-kata kunci apa saja yang menjadi target kita.Selanjutnya kita membuat artikel yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.Misalnya saja pada artikel ini dengan kata kunci belajar SEO gratis.

Yang aku lakukan adalah membuat artikel terkait tentang SEO ada segala sesuatu yang related atau berhubungan dengan SEO.Mulai dari apa itu SEO, Manfaat SEO , Langkah-langkah dalam melakukan optimasi SEO dan seterusnya.

Tips sederhananya, kita membuat artikel dengan minimal 300 kata.Semakin banyak dan semakin related maka google akan semakin memberi skor yang lebih baik terhadap artikel kita.Efeknya akan membuat artikel kita mendapatkan ranking yang lebih baik dari artikel dengan jumlah kata yang lebih sedikit.

Ini tips untuk pemula ya, kamu lakukan saja ini.Dan jangan heran atau komplain kalau kamu menemukan artikel dengan kata kunci yang sama dan jumlah kata yang sedikit namun dapat ranking yang lebih baik.Itu nanti kita pelajari di Belajar SEO tingkat lanjut.

Jadi kesimpulan disini yang bisa kamu ambil.Untuk mengalahkan para kompetitor di  kata kunci yang kamu target adalah dengan membuat artikel yang mempunyai jumlah kata lebih banyak dari artikel para kompetitor.Disinilah kreatifitas kamu di uji.

Kamu bisa mulai dengan membuat artikel dengan jumlah 300 kata lalu lihat hasilnya.Kemudian kamu update artikelnya dengan jumlah 1000 kata dan lihat perubahan dari hasilnya.biasanya sih naik, kalau belum mencapai ranking yang kamu mau, tambahin lagi menjadi 5000 kata.Lalu kamu bisa lihat hasilnya.

Kamu gak perlu panik dengan jumlah angka-angka itu, duduk dan mulai mengetik saja.Nanti mengalir dengan sendirinya.Dan boleh kita edit-edit untuk kita update kok.Google malah seneng kalau kita rajin update artikel yang sama menjadi lebih baik lagi.Bonusnya ya ranking artikel kita menjadi lebih baik.

Buat yang hoby menulis ini merupakan hal yang mudah.Namun buat kamu yang gak hoby menulis, kamu bisa mulai saja dengan duduk dan ketikkan saja apa yang ada di benak kita.

Gak ada yang bakalan ngehukum kamu atau gebukkin kamu kalau kamu salah bikin artikel.Gak bakal menderita kamu karena artikel kamu jelek.Cukup mulai ketik dan lihat hasilnya.Kalau hasilnya jelek ya perbaiki saja.

Selain jumlah kata, kamu juga harus menyusunnya dalam kerangka yang rapi.Judul utama kamu masukkan kategori H1 atau sub judul kamu masukkan ke kategori H2 dan seterusnya.Hal ini beneran bikin Google kasih skor khusus untuk artikel yang kamu buat.Cobain aja ya ^^.

Lalu pastikan kamu mengetikan artikelnya mudah dibaca.Jangan mengetikkan terlalu banyak kata dalam satu alinea.Kamu bisa bagi misalnya dalam satu alinea mengandung 20-30 kata.Sehingga pengunjung mudah membacanya.

Coba deh kalau kamu ketikkan kata dalam satu alinea berjumlah 1000.Ribet bacanya, bener kan ?Lalu jangan menggunakan warna huruf dan background yang membuat mata sakit saat membacanya.Misalnya background nya warna kuning nyala, tulisannya warna putih atau merah.

Hal ini tentu membuat pengunjung gak nyaman membacanya, sehingga mereka memutuskan untuk pergi dan gak kembali lagi.Seperti kamu , eh ^^.

Jadi kesimpulannya di tahap ini ada 3 tips buat kamu.

1. Pertama coba kamu buat artikel dengan minimal 300 kata, 1000 kata lebih bagus.

2. Kedua buat strukturnya menjadi lebih rapi.Ada judul di kategori H1, ada sub judul di kategori H2 dan seterusnya.

3. Ketiga pastikan tulisan kamu nyaman untuk dibaca.

4. Keempat kamu mulai praktek sekarang.

Kok empat ? tadi katanya tiga.Ya gak papa aku kasih bonus untuk kamu.Kalau kamu praktek sekarang seperti saran aku diatas aku sayang kamu.Tapi kalau kamu cuman baca dan gak praktek , kita putus, eh.

Kamu bisa menggunakan plugin Yoast SEO untuk membantu kamu mengerjakan tahapan ini dengan baik.

cara melakukan seo onpage

Optimasi Gambar

Percaya gak kalau tulisan yang banyak gambarnya lebih disukai daripada tulisan yang minim gambarnya atau bahkan tanpa gambar? Ini salah satu faktor penting untuk membuat pengunjung kamu rela betah di artikel kamu.

Untuk gambar di artikel ini aku mohon maaf ya, aku pasang foto aku diatas  (aku yang pakai topi).Dimaklumi aja, toh kamu gak jadi muntaber saat awal memulai membaca tulisan ini kan ?buktinya kamu sehat dan betah membaca sampai di tulisan ini.hehe..

Gunakan gambar yang original, kalau terpaksa  menggunakan gambar yang ada di Google atau penyedia gambar ya edit-edit dikit.Lalu buat penamaan gambarnya yang related dengan artikel yang kamu buat.Dan gambarnya pun related ya.

Jangan artikelnya tentang mobil , gambar yang ada diartikel gambar jerapah.Yah walaupun bisa aja di hubung-hubungkan.

Tips praktis dari aku adalah kamu bisa menggunakan canva untuk sebagai alat bantu kita dalam mendesain gambar untuk artikel-artikel yang kita buat.

Optimasi Internal-eksternal link

Ada beberapa pengaturan awal, agar artikel kita gampang terindeks.Salah satunya adalah pengaturan permalink.Aku kasih bocoran ya, kamu pakai pengaturan permalink nya menggunakan post name ya.

Selanjutnya, pastikan artikel kamu mempunyai internal dan eksternal link.Kemudian kamu tambahkan robot pencarian untuk mempermudah artikel kamu tercrawl dan terindeks agar mendapatkan ranking yang bagus.

Kamu bisa lebih mudah melakukan ini dengan menginstall Plugin Yoast SEO.Ini akan banyak memudahkan kamu , mulai dari aktivasi Google Search Console dan mesin pencarian lainnya. Banyak hal teknis disini yang lebih gampang aku jelasinnya nanti pakai video saja ya.

Mengukur dan mengevaluasi Rangking artikel

Pantau terus ranking artikel kamu.Kepoin para kompetitor kamu.Kamu pantau jumlah katanya, strukturnya, kontennya, link pada artikelnya, gaya bahasanya dan gambarnya.Pantau semua elemen yang membuat SEO onpagenya di sukai oleh pengujung.

Kamu sangat gampang menilai ini karena kamu kan pengunjungnya.hehe..

Cara Melakukan SEO offpage

Kegiatan offpage kita lakukan ketika kegiatan SEO onpage sudah maksimal kita lakukan namun ranking yang kita inginkan belum tercapai.Sebagai pemain SEO pemula kita belum mempunyai aset PBN (Private Backlink Network).

Oleh sebab itu hal yang bisa kita lakukan adalah mencari partner untuk saling promosi atau saling melakukan backlink, dan menghubungi jasa penyedia backlink (beli backlink).

Cara Melakukan Evaluasi dan konsistensi

Pantau terus posisi artikel yang sudah kita buat.Apakah sudah terindeks dan sudah berada di rangking berapa? 

Ada 6 konsistensi yang harus kita lakukan.Yaitu konsitensi memantau ranking, mengukur tingkat persaingan, update SEO onpage, backlink dan tetap terus membuat artikel baru setiap harinya.

Karena dengan rutin membuat artikel , maka Google akan lebih percaya.Efeknya Domain authority kita bisa naik dan artikel yang kita buat akan semakin mudah untuk terindeks dan teranking di posisi yang lebih baik.

Materi 3 Belajar SEO Gratis Untuk Pemula (Metode SEO)

Ada 3 metode yang aku tahu di dalam optimasi SEO, yaitu White Hat SEO, Grey Hat SEO dan Black Hat SEO.Kita bisa belajar dari Expedia.

Sebelum tahun 2014 Expedia sangat terkenal merajai kata kunci seputar travel didunia.Namun tahun 2014 Expedia menghilang.Hal ini disebabkan Mesin pencarian menganggap Expedia melakukan pelanggaran dalam melakukan optimasi SEO offpage.

Sehingga dalam algoritmanya yang baru menyebabkan Expedia menghilang dari semua mesin pencarian.Tentunya kita tidak mau hal ini terjadi.Itu sebabnya penting untuk tahu Metode Optimasi SEO.

Metode Black Hat SEO

Metode Black Hat SEO adalah cara yang diharamkan oleh Google.Karena melakukan manipulasi ranking dengan cara kucing-kucingan dengan algoritma Goolge.Contohnya menghack website lain yang punya authority lebih baik, kemudian menyisipkan link ke websitenya.

Hal yang sering dilakukan biasanya “link ngumpet” , dimana warna link yang mengandung kata kunci mempunyai warna yang sama dengan warna background artikel.

Keuntungan dari metode ini adalah kita bisa mendapatkan Backlink yang banyak dan cepat, harga backlink nya murah, dan ranking gampang naik.

Kekurangan dari metode ini adalah artikel gampang naik namun gampang turun, bahkan gampang hilang :v.

Metode Grey Hat SEO

Metode Grey Hat SEO adalah gak bener-bener Black atau gak bener-bener white juga.Bingung ya :v.Pakai contoh aja ya biar gak bingung.

PBN adalah salah satu contoh Grey Hat SEO.Dimana kita membangun web untuk dijadikan backlink, jadi fokus utamanya bukan benar-benar pada user atau pengunjung.

Google sudah tahu akan hal ini tapi , gak juga melakukan larangan atau hukuman.

Contoh lainnya adalah Placement pada blogger, dimana kita membayar blogger untuk memberikan link dari websitenya ke website kita.

Keuntungannya dari metode ini adalah Lebih aman dibandingkan dengan Black Hat dan Lebih mudah dan murah dibandingkan metode White Hat.

Metode White Hat SEO

Metode White Hat SEO adalah optimasi SEO yang fokusnya adalah membantu pengunjung atau user.Sehingga link yang didapatkan benar-benar natural dari pengunjung ke artikel kita.

Google sangat menyukai prilaku seperti ini.Karena Google sangat  demokratis, dimana user ikut berperan dalam melakukan penilaian ranking sebuah artikel.Sehingga artikel yang terindeks mendapatkan kualitas ranking yang objektif dan bukan rekayasa.

Keuntungan dari White Hat SEO adalah kita benar-benar aman dan nyaman dengan artikel atau website yang kita bangun.Tanpa harus ketakuan kalau artikel atau web kita kena hukum seperti yang sudah dijelaskan di materi Black Hat SEO.

Kekurangannya adalah butuh usaha, waktu, dan kesabaran yang lebih besar.

Materi 4 Belajar SEO Gratis Untuk Pemula (Tujuan Utama Belajar SEO Untuk Pemula)

Ada 3 tujuan utama belajar SEO untuk pemula, atau 3 hal yang menjadi perhatian penting ketika kita melakukan SEO.3 hal ini adalah :

  1. Ranking
  2. Volume 
  3. Monetize

Rangking SEO

Ini tujuan yang umum para pemula lakukan.Paling seneng memantau ranking artikelnya di mesin pencarian seperti Google.Kebiasaan umumnya, begitu selesai buat artikel langsung cek ranking.Kok aku bisa tahu? soalnya pengalaman kita sama.Aku juga pemula dalam SEO, jadi sama seperti kamu.

Kebiasaan ini menjadi biasa saja ketika kamu hanya punya satu artikel dengan target kata kunci long tail keyword, atau kata kunci panjang.Biasanya terdiri dari 4 kata keatas atau dengan persaingan yang sangat rendah.kebiasaan kedua adalah melakukan pengecekan ranking secara manual.

Sekarang kamu bayangkan kalau kamu punya artikel ratusan.Gimana tuh cara memantaunya?

Tenang, nanti aku jelaskan cara praktisnya.Kamu lanjutkan dulu baca artikelnya sampai ke bawah ya.

Volume Pencarian Kata Kunci

Dulu aku tu paling sering sering lihatin status para mastah atau pakar SEO, ketika mereka show up bahwa artikel mereka ada di halaman 1 Google.Hal pertama yang ada dalam pikiranku, wah keren.Bagaimana dengan kalian?

Belakangan hari aku tahu bahwa itu bisa dimanipulasi, bahkan dalam laporan ke klien yang menggunakan jasa SEO.Kebanyakan orang awam gak paham.Tahunya kalau artikel sudah masuk halaman 1 Google maka pertumbuhan omset akan berjalan dengan sendirinya.

Padahal, kata kunci yang ditarget bukan kata kunci yang mempunyai volume sama sekali dengan persaingan kata kunci yang sangat rendah.Ini sama saja dengan kondisi sebelumnya dimana kita gak tahu SEO.

Bedanya kita cuman punya artikel yang sudah nangkring di halaman 1 Google, yang kita bangga-banggakan.Padahal ada derita dibalik itu.Dimana website kita masih saja sepi pengunjung.

Ini adalah kesalahan yang paling aku temukan pada para pemula yang belajar SEO.Oleh karena itu, aku sarankan kamu untuk sangat hati-hati dalam melakukan optimasi SEO.Khususnya ketika melakukan riset kata kunci atau keyword.

Pastikan semua kata kunci atau keyword yang kamu target mempunyai volume, makin besar makin bagus.Silahkan disesuaikan dengan kemampuan kamu dalam bersaing.Jika kamu pemula, bersainglah dengan kata kunci yang mudah namun tetap mempunyai volume ya.

Sewaktu riset kata kunci, nanti kamu akan menemukan harta karun terpendam yaitu kata kunci yang volumenya besar namun persaingan rendah.

Monetize atau Traction

Udah nangkring di halaman 1 Google dan kata kuncinya juga mempunyai volumen pencarian.Tapi kenapa omset gak meningkat ya?padahal ketika dicek pengunjungnya cukup ramai.

Kita jarang banget mengecek tentang ini.Seolah-olah setelah masuk halaman 1 dan kata kunci mempunyai volume pencarian maka kita bisa duduk dengan tenang.

Pada Halaman 1 Google ada 10 artikel.Berarti jika kita berada di halaman 1 Google, kita mempunyai kompetitor 9, bener ya?

Kita sepakati saja kata kunci toko bahan kue , dengan volume pencarian 12.100.Nah, jumlah volume pencarian 12.100 itu berbagi dengan 9 kompetitor lainnya.Dimana jumlah pembagiannya sangat bergantung dengan judul artikel kita dan subjudul kita yang terletak pada meta deskripsi.

Ini sama dengan plank toko kita dan kata-kata pendukung dibawahnya.Misalnya toko si A bersebelahan dengan toko si B.Si A dan si B , sama-sama buka toko bahan kue.

Toko si A mempunyai spanduk bertuliskan toko bahan kue berdiri sejak tahun 1900, dibawahnya ada tulisan Promo beli 3 dapat 4.Sementara toko si B mempunyai spanduk bertuliskan toko bahan kue terbaik.Menurut kamu, toko mana yang paling banyak pengunjung barunya?

Seperti itulah persaingan yang terjadi selanjutnya di halaman 1 Google.Bagaimana agar judul dan subjudul bisa lebih banyak menarik pengunjung ke website atau artikel kita.

Dan ini belu selesai.Itu baru gambaran artikel kita masuk ke halaman 1 Google dan pengunjung memutuskan untuk berkunjung ke artikel kita.Tugas kita selanjutnya bagaimana cara mengkonversi artikel atau halaman kita menjadi menghasilkan uang.

Video Belajar SEO Gratis Untuk Pemula

Ini video 2 tahun lalu aku buat sebelum aku membuat artikel ini.Nantinya akan aku update.Jadi sering-sering aja datang ke artikel ini , bakal aku update sampai artikel ini ada di halaman satu.

Nanti di artikel Belajar SEO Gratis Bersama Pakar SEO Pakde Marwan ini akan aku update juga tentang SEO Youtube, SEO Instagram dan SEO Facebook.Asik banget kan, selamat melanjutkan menonton video dibawah ini ya.

Materi 5 Belajar SEO Gratis Untuk Pemula (PDF Belajar SEO)

Buat kamu yang mau versi pdf dari belajar seo gratis untuk pemula ini, silahkan gabung ke channel telegram belajar seo gratis bersama pakde marwan.Setelah bergabung kedalam channel, kamu akan mendapatkan link download PDF Belajar SEO gratis untuk pemula.